Langsung ke konten utama

Lomba Jurnalistik Pendidikan Keluarga Tahun 2018

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai organisasi yang dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 11 Tahun 2015, memiliki tugas dalam penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan pendidikan keluarga. Kebijakan dan program Pendidikan Keluarga perlu disebarluaskan kepada masyarakat agar dapat diimplementasikan dalam mendukung tumbuh kembang anak. Program pendidikan keluarga salah satunya mendorong peran keluarga dan masyarakat dalam mendukung pendidikan anak di satuan pendidikan. Hal ini didukung dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 30 tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga dalam Penyelenggaraan Pendidikan.

Penyebarluasan informasi pendidikan keluarga dipandang masih belum menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya masyarakat yang belum mengetahui tentang program pendidikan keluarga. Penyebarluasan informasi pendidikan keluarga tentunya dilakukan melalui berbagai sarana yang dapat menjangkau masyarakat misalnya menggunakan media. Dengan demikian diharapkan dapat memperluas akses layanan pendidikan keluarga di masyarakat.

Praktik baik pendidikan keluarga yang telah dilakukan oleh keluarga dan masyarakat dalam mendukung pendidikan anak di satuan pendidikan diharapkan dapat memberikan inspirasi dan edukasi dalam upaya mewujudkan keberhasilan pendidikan di Indonesia. Praktik baik tersebut perlu disebarluaskan sehingga dapat menggugah keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan perannya dalam mendukung pendidikan anak di satuan pendidikan.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, lomba jurnalistik merupakan strategi yang tepat untuk memublikasikan dan menyosialisasikan tentang peran keluarga dan masyarakat dalam pendidikan anak di satuan pendidikan. Hal ini sejalan dengan tujuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membentuk Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga untuk menciptakan kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat (Tri Pusat Pendidikan) dalam membangun ekosistem pendidikan yang menumbuh kembangkan karakter dan budaya berprestasi anak.

Kegiatan Lomba Jurnalistik ini diharapkan dapat mendorong para jurnalis dan masyarakat umum untuk menulis dan mengenalkan pentingnya peran keluarga dan masyarakat dalam pendidikan anak di satuan pendidikan. Agar kegiatan ini dapat berjalan dengan tertib, efektif dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, maka disusunlah Pedoman Lomba Jurnalistik.

RUANG LINGKUP DAN PROSEDUR LOMBA

A. Ruang Lingkup
Lomba Jurnalistik Pendidikan Keluarga Tahun 2018 diperuntukkan bagi para jurnalis dan masyarakat umum yang menulis tentang Peran Keluarga dan Masyarakat pada Pendidikan Anak di Satuan Pendidikan.

B. Ketentuan Lomba

1. Lomba dibagi menjadi 3 kategori, yakni FEATURE, OPINI, dan BERITA.

2. Lomba dapat diikuti oleh jurnalis dan masyarakat umum.

3. Tulisan harus sesuai dengan tema “Peran Keluarga dan Masyarakat pada Pendidikan anak di Satuan Pendidikan”

4. Tulisan asli, bukan plagiat.

5. Tulisan aktual, bernilai, inovatif, dan bermanfaat.

6. Tulisan belum pernah/sedang diikutsertakan dalam lomba/kompetisi jurnalistik lain.

7. Tulisan diterbitkan di media massa cetak (koran, tabloid, majalah) serta media online (portal berita yang direkomendasikan oleh dewan pers) pada periode 1 (satu) Maret s.d 14 (empat belas) Agustus 2018.

8. Setiap peserta dapat mengirimkan tulisan sebanyak-banyaknya.

9. Khusus untuk FEATURE, panjang tulisan maksimal 1.200 kata.

10. Lomba tidak dapat diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kemendikbud.


Penghargaan dan Hadiah
Pemenang lomba jurnalistik akan mendapatkan trophy, seritifikat serta uang tunai dengan total hadiah sebesar Rp196.000.000,- dengan rincian sebagai berikut:

Kategori FEATURE
Pemenang I : Rp15.000.000,-
Pemenang II : Rp12.000.000,-
Pemenang III : Rp10.000.000,-
Pemenang Harapan : 7 orang @Rp5.000.000,-

Kategori OPINI
Pemenang I : Rp15.000.000,-
Pemenang II : Rp12.000.000,-
Pemenang III : Rp10.000.000,-
Pemenang Harapan : 7 orang @Rp5.000.000,-

Kategori BERITA
Pemenang I : Rp10.000.000,-
Pemenang II : Rp8.000.000,-
Pemenang III : Rp6.000.000,-
Pemenang Harapan : 7 orang @Rp4.000.000,-

Catatan: Pajak hadiah ditanggung pemenang sesuai dengan peraturan perundangundangan yang berlaku.

Download Bukunya Disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah Nama dan Sebutan Populer Bahasa Arab

Assallamualaikum Wr.Wb Alhamdulilah saat ini kita masih dalam lindungan dan Rahmat dari Allah SWT, yang selalu dan senantiasa memberikan kenikmatan kepada semua mahluk-Nya . Allah sungguh Maha Besar dan Maha Mengetahui setiap kehidupan Mahluk-Nya sekecil apapun, dan Allah tidak akan meridhoi setiap Mahluk-Nya di hancurkan maupun dibunuh walau itu sebangsa semut kecil, Karena segala sesuatu yang diciptakan Allah SWT, yang berhak mengambilnya adalah Allah SWT. Alhamdulillah kali ini kita semua akan memberikan sedikit artikel tentang sebutan atau panggilan popular yang ada di sekitar kita dalam bahasa arab dan artiannya. Karena banyaknya pertanyaan dari Ikhwah Fillah maka kami tuliskan disini, semoga bermanfaat

Formulir Pendaftaran Siswa Baru Tahun 2017

Contoh Formulir Pendaftaran Siswa Baru Untuk Tahun Pelajaran 2017/2018, menurut peraturan ataupun petunjuk Kementrian Pendidikan, Contoh Formulir ini bisa langsung digunakan untuk Pendaftaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Jannah.

Semoga dengan adanya formulir ini bisa mempermudahkan saudara untuk mendaftarkan anak kesayangan saudara di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Jannah.

Silahkan Di Download Memalui Halaman ini.

Tugas Guru Penjas

Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (PGPJSD) adalah merupakan prodi Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di Fakultas Ilmu Keolahragaan. Prodi ini menyelenggarakan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Sekolah Dasar dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang pengajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang unggul, professional, terampil, dan peka terhadap kelestarian lingkungan sosial masyarakat. Lulusan PGPJSD juga dibekali keterampilan manajemen penyelenggaraan pertandingan olahraga, intertainment olahraga, sport interpreneurship, journalism, dan kemampuan menjadi pelatih cabang olahraga. Jurusan ini memiliki mahasiswa yang berprestasi dalam bidang akademis dan atlet dalam berbagai cabang olahraga baik tingkat daerah, nasional maupun internasional.