Langsung ke konten utama

Bahaya Terselubung dari Pekerjaan Rumah

Bapak ibu yang kami Hormati.
Meskipun PR (Pekerjaan Rumah) bertujuan membantu anak untuk lebih memahami pelajaran, terlalu banyak PR berdampak negatif bagi perkembangan anak.

Mengapa? Banyaknya PR dari sekolah membuat anak kehilangan waktunya menjadi anak-anak karena terlalu sibuk. PR pada umumnya berupa tugas tertulis membuat anak mendapat PR sebagai rutinitas membosankan, belajar menjadi momok baginya.

Apalagi jika sebagian besar waktunya di rumah habis untuk mengerjakan PR, anak tidak mendapati waktu cukup untuk berkomunikasi dengan orang tua.

Apa saja pertanda anak mendapatkan PR berlebihan?
Jika ia mulai membenci sekolah dan bersikap negatif setiap mengerjakan PR. Departemen Pendidikan Amerika merekomendasikan waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan PR sekitar 10 menit untuk setiap tingkatan sekolah.

Misalnya, jika anak kelas 3 SD menghabiskan waktu 60 menit menyelesaikan PR tanpa rehat, Mama sudah sepantasnya khawatir. Lebih baik jika anak memahami konsep masalah dan berlatih 5 soal untuk mengerti topik pelajaran, dibandingkan ia diharuskan mengerjakan 50 soal pelajaran yang berupa pengulangan.

Apa yang perlu dilakukan?
Jika Mama menemui situasi seperti ini, bicarakan dengan guru kelas. Cobalah berasumsi bahwa guru hanya bermaksud memberikan yang terbaik bagi anak. Terkadang guru tidak menyadari akibat PR yang ia berikan terhadap kehidupan anak tersebut di rumah.

Namun jika tidak ada perubahan, Mama bisa berdialog dengan Kepala Sekolah mengenai kekhawatiran ini. Mama bisa juga melibatkan sesama orangtua murid yang merasakan hal yang sama. Biasanya cara ini berhasil untuk mengajak guru mengevaluasi sistem mengajarnya, terutama mengenai beban pekerjaan rumah yang dihadapi anak muridnya.

(Penulis: Fina Khairaty)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah Nama dan Sebutan Populer Bahasa Arab

Assallamualaikum Wr.Wb Alhamdulilah saat ini kita masih dalam lindungan dan Rahmat dari Allah SWT, yang selalu dan senantiasa memberikan kenikmatan kepada semua mahluk-Nya . Allah sungguh Maha Besar dan Maha Mengetahui setiap kehidupan Mahluk-Nya sekecil apapun, dan Allah tidak akan meridhoi setiap Mahluk-Nya di hancurkan maupun dibunuh walau itu sebangsa semut kecil, Karena segala sesuatu yang diciptakan Allah SWT, yang berhak mengambilnya adalah Allah SWT. Alhamdulillah kali ini kita semua akan memberikan sedikit artikel tentang sebutan atau panggilan popular yang ada di sekitar kita dalam bahasa arab dan artiannya. Karena banyaknya pertanyaan dari Ikhwah Fillah maka kami tuliskan disini, semoga bermanfaat

Formulir Pendaftaran Siswa Baru Tahun 2017

Contoh Formulir Pendaftaran Siswa Baru Untuk Tahun Pelajaran 2017/2018, menurut peraturan ataupun petunjuk Kementrian Pendidikan, Contoh Formulir ini bisa langsung digunakan untuk Pendaftaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Jannah.

Semoga dengan adanya formulir ini bisa mempermudahkan saudara untuk mendaftarkan anak kesayangan saudara di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Jannah.

Silahkan Di Download Memalui Halaman ini.

Tugas Guru Penjas

Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (PGPJSD) adalah merupakan prodi Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di Fakultas Ilmu Keolahragaan. Prodi ini menyelenggarakan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Sekolah Dasar dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang pengajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang unggul, professional, terampil, dan peka terhadap kelestarian lingkungan sosial masyarakat. Lulusan PGPJSD juga dibekali keterampilan manajemen penyelenggaraan pertandingan olahraga, intertainment olahraga, sport interpreneurship, journalism, dan kemampuan menjadi pelatih cabang olahraga. Jurusan ini memiliki mahasiswa yang berprestasi dalam bidang akademis dan atlet dalam berbagai cabang olahraga baik tingkat daerah, nasional maupun internasional.